Sabtu, 10 November 2012

I’M NOT AN EXPERT



Hallo semuanya... ketemu lagi sama gue, “orang ga penting”. Tulisan gue kali ini tidak lain dan tidak bukan berisi curhatan gue yang mungkin ga menarik dan emang ga penting-penting amat sih, eh, penting banget deng. Simak baik-baik, yaw :3

Kemaren, Kamis 8 November 2012, ada kuliah dari Inoue sensei mengenai peatland, gtu deh. Sangat menarik pembahasan sensei mengenai peatland (lahan gambut), baik yang ada di Indonesia maupun Jepang. Walaupun rada kagok juga ngedenger kuliah yang dipaparin pake Bahasa Inggris, terlebih karena Bahasa Inggris gue yang paspas-an karena Bahasa Inggris orang Jepang yang, gtu deh... ehehehe.


Pelis deh itu, di menit-menit terakhir kuliah berlangsung, kepala gue udah pusing banget. Ada sesi tanya jawab, lagi . Abang angkatan gue ada yang nanya tentang ada atau enggaknya masalah lahan gambut di Jepang terkait dengan oksidasi pirit seperti halnya lahan gambut di Indonesia. Inoue sensei bilang, sebenarnya itu bukan bidang keahliannya, berhubung beliau bukan dari soil science, tapi, setau beliau sih ga ada masalah seperti itu di Jepang karena bahan induk tanah gambut di Indonesia dan di Jepang beda jauh. Untuk konfirmasi, Inoue sensei nanya lagi ke muridnya yang dari Jepang. Intinya sih sensei nanya ke muridnya apa ada yang dari soil science, biar bisa ngasih jawaban yang lebih memuaskan?. Tapi kayaknya sih ga ada, soalnya murid-murid Jepang itu ga ada yang ngejelasin #sotoy.

Yang mengganggu gue adalah bukan karena ga adanya murid-murid Jepang itu yang berasal dari Soil Science, tapi karena guru dan murid-murid Jepang itu berkomunikasi dengan bahasa mereka (so pasti bhs Jpg). Disinilah awal masalah gue. Itu karena disebabkan temen-temen gue ngegodain gue buat ngartiin percakapan mereka T_T pelis deeeh gue ga sejago itu. Kenapa hal semacam ini sering terjadi di hidup gueeeee??????? Teman-temanku yang baik hatinya, aku sangat berterimakasih kalian menganggapku jago berbahasa Jepang, sungguh saya merasa sangat tersanjung, tapi pelisssss bangeeeetttt jangan kecewa, karena sebenarnya saya tidak sejago yang kalian pikirkan. Saya hanya bisa mengucapkan kalimat-kalimat sederhana. Kalo ga percaya, liat deh sertifikat JLPT saya, baru lulus N5, kok. Tulisan saya di blog, atau di media lain tidak lain dan tidak bukan hanya untuk membagikan ilmu saya yang sedikit ini (dan kadang untuk mencurahkan kegalauan) karena saya berkeyakinan kalau berbagi ilmu bisa membuat seseorang lebih pintar (sesuai dengan ajaran enyak mama saya). So pelisssss jangan menilai saya terlalu tinggi, karena saya belum pantas menerimanya, dan sungguh itu membuat saya malu.

Nah, sekian curhatan saya hari ini, mudah-mudahan teman-teman sekalian bisa mengerti :D
See you all, di entrian saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar