Kamis, 24 Januari 2013

Partikel "ga"

Ohayou minna chan...!!!!
Ii tenki desune...!!! Ogenki????
Kemarin kita sudah berlatih membuat kalimat sederhana dengan partikel “ha” (dibaca: “wa”) dan partikel “wo” (dibaca: “o”). Bagaimana? Mudah, kan? Bagaimana kalau kita berlatih membuat kalimat dengan partikel lainnya? kali ini kita akan menggunakan partikel “ga”. Partikel “ga” dapat digunakan diantaranya untuk membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata: “mempunyai”, “menginginkan”, “suka”, dan “tidak suka”.

1. Mempunyai
• Watashi wa okane ga arimasu.
= aku punya uang.
• Anton san wa kasa ga arimasu.
= Anton punya payung.
• Riri san wa iro-iro na mono ga takusan arimasu.
= Riri punya banyak (dan bermacam-macam) barang.
• Doko he mo ikimasen, okane ga nai desukara.
= Tidak pergi kemana-mana karena tak ada uang
• Kare wa tomodachi ga nai desukara mainichi doko he mo hitori de ikimasu.
= karena ia tak punya teman, pergi kemanapun sendiri.

2. Menginginkan (benda)
• Atarashii kanji no hon ga hoshii.
= (aku) ingin buku kanji baru.
• Arini san wa kirei (na) keitai ga hoshii.
= Arini menginginkan ponsel yang indah.
• Anata wa nani ga hoshii desuka?
= Apa yang kau inginkan?

3. Suka dan tidak suka
• Anata ga suki.
= (aku) suka kamu.
• Kirei na hana ga suki desu.
= (aku) suka bunga yang indah.
• Doraemon ga tottemo daisuki desu.
= (aku) sangat suka Doraemon.
• Tabako ga kirai desukara, suimasen.
= Karena tidak suka tembakau, tidak merokok.
• Ano sensei ga kirai, kibishii desukara.
= (aku) benci guru itu, karena ia keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar