Jumat, 13 April 2012

Kansai Ben


minna chan...!!!!!!!!!!!! ogenki???????
mudah-mudahan baik-baik saja, ya....
sebenarnya, saya ingin bercerita sedikit... tidak tertarik dengan cerita saya? kalau begitu, tidak perlu baca note nya ^^

begini ceritanya...
beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari senin, saya diantar oleh seseorang yang sangat cute ( @Mitha Puspita),  pergi ke toko buku. dihari itu, saya membeli beberapa buah buku yang salah satunya bernama "Bicara-Kansai Ben, yuk!" . Dalam buku tersebut, saya menemukan beberapa hal yang menarik. oia. saya lupa berterimakasih pada Mitha Chan... mitha chan, doumo arigatou gozaimashita ne... gomennasai lupa, baru ngucapin sekarang...

naaahhhhh... kembali ke buku...
saat pertama kali melihat buku tersebut, mata saya langsung berbinar-binar... ya iyalah. secara, dialek kansai itu merupakan salah satu dialek yang dianggap paling gaul dan menarik di jepang... kalo di indonesia, mungkin bisa dianalogikan kayak dialek betawi, kali yeee...

buku tersebut tidak hanya dilengkapi oleh Kansai-Ben (Dialek kansai) saja, tapi juga bahasa jepang standard dan Slang, yang tentu saja akan lebih memudahkan bagi saya untuk mengerti. #pokoknyalikethisbookbangetdeeehhh...

saya akan menuliskan beberapa kata yang saya anggap paling menarik dalam buku tersebut...
setiap kata dalam kansai ben akan saya beri tanda asterik (*), sedangkan pada bahasa jepang standar, slang, serta terjemahannya, secara berurutan akan saya beri tanda pagar (#), circumflex accent (^), dan tanda petik tunggal (').

#boku= ^ore= *wai = 'aku (bagi laki-laki)
#atashi= ^atashi= *uchi= 'aku (bagi perempuan)
#anata= ^omae= *jibun= ’kamu (semua jender)
#anta tachi= ^kimi tachi= *jibun ra= ’kalian
#gambatte kudasai= ^gambatte= *gambari ya= ’semangat!
#dame desu= ^dame= *akan de= ’jangan!
#oo baka desu= ^oo baka= *do aho/ aho yana!= ’dasar bodoh
#kisama= ^kisama= *ware= ’dasar loh!
#anata mittomonai desu= ^mittomonai= *mittomonai naa= ’kamu memang memuakkan
#damete kudasai= ^damare= *damarii ya= ’diam!
#daraishinai desu= ^darashinai= *zubora= ’teledor
#hitori ni shite kudasai= ^kamawanai de= *hottoitenka= ’tinggalkan aku sendiri

Tertarik lebih lanjut? Kalau begitu beli bukunya!

Hm…  aku berharap ini tidak terlihat seperti promosi. AAArrrrrrgggggghhhhhhh….. kenapa jadi seperti ini????? Yasudahlah.
Prabowo, Viena A. 2010. Bicara Kansai-Ben, yuk!. Jakarta: Kesaint Blanc

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Arigatou gozaimasu..
    i always follow your learning :)

    BalasHapus