Jumat, 13 April 2012

Ucapan Salam dalam Bahasa Jepang


Oleh: Noff
Moshi-moshi minna chan... ogenki? Saya harap kita selalu berada dalam lindungan Allah swt. Amiinnnn... Saya sedang menikmati masa liburan saya dengan belajar Bahasa, nih. Sebelum semester depan harus kembali lagi berkencan dengan ilmu tanah @_@. Bagaimana dengan para pembaca sekalian? Apa saya terlalu banyak basa-basi? Hohoho... kalau begitu, ayo kita langsung saja pada intinya. Saya akan menulis beberapa ucapan salam dalam Bahasa Jepang yang saya pelajari di SMA. 
もしもし 
(moshi-moshi)
= hallo

はじめまして
(hajimemashite)
= biasa digunakan kepada orang yang baru dikenal untuk memulai perkenalan

どうぞよろしく
(douzo yoroshiku)
= salam kenal/ senang berkenalan dengan anda

おげんきですか・おげんき
(ogenkidesuka/ogenki?)
=sehat?/ apa kabar?

おひさしぶりですね
(ohisashi buridesune)
= lama tak jumpa, ya!

おはようございます・おはよう
(ohayou gozaimasu/ ohayou)
= selamat pagi, ohayou digunakan kepada lawan bicara yang sudah akrab sedangkan ohayou biasa kepada lawan bicara yang kedudukannya lebih tinggi

こんにちは
(konnichiwa)
= selamat siang/ sore

こんばんは
(konbanwa)
= selamat malam

さようなら
(sayounara)
= selamat tinggal

でわまた・じゃまた・またね
(dewa mata/ jya mata/ mata ne)
= sampai jumpa lagi

またあした
(mata ashita)
= sampai jumpa besok

またらいしゅう
(mata raishuu)
= sampai jumpa minggu depan

おやすみなさい
(oyasuminasai)
= selamat malam/ selamat istirahat/ selamat tidur

いってきます
(ittekimasu)
= aku pergi/ aku berangkat!

いってらっしゃい
(itterasshai)
=selamat jalan

ただいま
(tadaima)
= aku pulang

おかえりなさい
(okaerinasai)
=selamat pulang/ selamat datang

いらっしゃいませ
(irasshaimase)
=selamat datang
ただいま
(tadaima)
= biasa diucapkan sebelum makan

Hm... sepertinya untuk sementara ini hanya itu yang dapat saya tulis ... kalau nanti saya ingat ucapan lain, akan saya perbaharui diblog ini ^^ sebelum anda semua beralih dari posting saya yang sederhana ini, mohon reaksinya jika anda pikir ini cute, cool, atau interesting. Kritik dan saran membangun dari anda sekalian juga akan sangat berarti bagi saya, terimakasih ^^

3 komentar:

  1. selamat makan bukannya ittadakimasu ya?

    BalasHapus
  2. Kalo mau makan bukannya ittadakimasu yah??

    BalasHapus
  3. Maaf kak, sepertinya penjelasan dari penggunaan ohayou ada kesalahan sedikit karena penjelasan keduanya merujuk pada ohayou bukan perbedaan dengan ohayou gozaimasu. Semoga kakak berkenan menjelaskan kembali. Terima kasih kak ^^

    BalasHapus